Matras Bela Diri (Spon Eva)

Hiasan / Ukiran Pernikahan (Spon Eva)
July 15, 2020

Matras Bela Diri (Spon Eva)

Seni Bela Diri adalah teknik / cara seseorang membela diri. Hampir setiap negara mempunyai seni bela diri masing-masing ataupun yang dikembangkan di negara tersebut. Nah, ternyata alas / matras untuk aktifitas bela diri ini juga menggunakan spon eva loh.

Matras Bela Diri – Martial Art Mats

Umumnya matras bela diri terbuat dari Sponge Eva / Busa Ati dengan kekerasan 40-45. Spon Eva digunakan sebagai alas lantai pada waktu latihan / pertandingan bela diri, untuk menghindarkan bahaya cidera dari benturan keras ke lantai / ubin. Dua pilihan matras bela diri adalah Matras Puzzle dan Matras Lembaran Sponge Eva

1. Matras Puzzle

Matras yang terbuat dari bahan Sponge Eva premium dan bisa saling mengunci dan mudah dibongkar pasang dengan motif bertekstur.

Dengan ukuran 1 x 1 meter, sangat cocok untuk lantai olahraga / tempat latihan dan pertandingan seni bela diri. Tersedia dalam beragam ketebalan & warna & tekstur.

2. Matras Lembaran

Matras sponge eva polos dalam bentuk lembaran juga bisa digunakan sebagai alas lantai latihan / pertandingan seni bela diri.

Tersedia dalam ukuran 220 x 125 cm, beragam warna & ketebalan.

Berikut adalah daftar seni bela diri yang digemari banyak orang: karate, taekwondo, kempo, jiu-jitsu, tinju, kungfu, aikido, muay-thai, yong moodo, yudo, gulat, pencak silat, tarung derajat, merpati putih, perisai diri, dll. Masing2 memerlukan matras sponge eva saat berlatih / bertanding.

1. Karate

Berasal dari Jepang, yang artinya “tangan kosong”. Seni Bela Diri ini juga dipengaruhi oleh seni bela diri China – Kenpo.

Ideal ukuran matras untuk karate adalah 10 x 10 meter.

2. Taekwondo

Berasal dari Korea, yang bearti seni tangan & kaki. Taekwondo adalah salah satu olahraga nasional Korea, yang telah dipertandingkan di Olimpiade sejak tahun 2000.

Ukuran lapangan pertandingan Taekwondo adalah 10 x 10 meter.

3. Kenpo

Awal berasal dari Jepang, namun sebagai versi yang dikembangkan dari shaolin kungfu di Amerika, “Kenpo Karate”.

Ukuran lapangan pertandingan kempo adalah 10 x 10 meter.

4. Jiu-Jitsu

Berasal dari Brazil, Jiu-Jitsu mengajarkan orang kecil untuk membela diri terhadap musuh yang lebih besar dengan menggunakan teknik kuncian dan cekikan yang tepat dan mematikan.

Jiu-Jitsu adalah kembangan seni bela diri pertempuran lantai “Kodokan Judo”. Ukuran standard arena pertandingan Jiu-Jitsu adalah 8 x 8 meter

5. Boxing

Dikenal juga sebagai “Tinju” adalah olahraga seni bela diri antara dua orang dengan berat sebanding. Bertanding menggunakan tinju mereka dalam rangkaian pertandingan berinterval sekitar 3 menit, yang disebut sebagai ronde.

Boxing pertama dikenal dari Yunani. Untuk lantai ring boxing biasa menggunakan lantai kayu setebal 20mm. Lalu, bagian atasnya dilapisi sponge eva / matras tebal 2-3cm dan dibalut dengan kanvas.

6. Kungfu

Berasal dari China, biasa dikenal juga sebagai “wushu” atau “kuntao“. Kungfu adalah ilmu bela diri yang cukup tua (5000 tahun yang lalu), sangat sering mempengaruhi ilmu bela diri lainnya di Asia.

Secara umum terdapat 100an lebih aliran kungfu dan ribuan jurus. Contoh aliran Kungfu yang melegenda hingga kini adalah kuil shaolin, butong, kun lun, hua san, dll.

Kungfu menjadi populer setelah legenda ilmu bela diri Bruce Lee mempopulerkannya di dunia barat. Ukuran lapangan pertandingan kungfu adalah persegi 10 x 10 meter.

7. Aikido

Adalah seni bela diri Jepang modern yang dikembangkan oleh Morihei Ueshiba sebagai sintesis dari studi bela diri, filsafat dan agama. Tujuan Ueshiba adalah menciptakan seni yang praktisi bisa gunakan sebagai bela diri dan juga melindungi penyerang mereka dari cidera.
Ukuran arena pertandingan aikido adalah 10 x 10 meter

8. Muay Thai

Berasal dari Thailand, juga dikenal sebagai “Thai Kick Boxing “. Seni bela diri ini menggunakan semua senjata alami tubuh untuk membuat gaya bertarung di ring.

Ring Muay Thai sama seperti Ring Boxing. Lantai ring dilapisi spon eva dengan ketebalan 2-3cm. Lalu, dilapisi kanvas bagian luar untuk semua area.

9. Yong Moodo

Berasal dari Korea, bela diri yang menggunakan tangan kosong. Seni bela diri ini merupakan perpaduan dari Taekwondo, Judo, Kendo. Mengandalkan ketepatan, kecepatan dan kekuatan dalam duel jarak dekat.

Bela diri tangan kosong ini telah menjadi seni bela diri  wajib di TNI Angkatan Darat sejak 2008. Mulai terkenal luas di masyarakat Indonesia sejak 2012.

Ukuran lapangan pertandingan Yong Moodo berukuran persegi 10 x 10 meter.

10. Judo

Berasal dari Jepang, salah satu olahraga bela diri yang populer & cabang olahraga resmi Olimpiade.

Matras Judo terbuat dari bahan spon eva dengan ukuran 2 x 1 meter dengan ketebalan 4cm atau 5cm. Lalu, diatasnya bisa dilapisi busa yang lebih empuk dan dibungkus synthetic leather.

11. Gulat

Gulat adalah kontak fisik antara dua orang, dimana salah seorang pegulat harus menjatuhkan atau mengontrol lawannya. Olahraga gulat pointnya untuk mengalahkan musuh dengan tehnik piting dan banting.

Pertandingan gulat berlangsung diatas matras berukuran 12 x 12 meter dari bahan sponge eva ukuran 2 x 1 meter. Lalu, permukaan tersebut di lapisi oleh synthetic leather antislip (lingkaran luar – merah berdiameter 10 meter ) & (lingkaran dalam – kuning berdiameter 8 meter).

12. Pencak Silat

Berasal dari Indonesia, Pencak Silat memiliki ciri khas masing2 suku.

Arena / lapangan pertandingan Pencak Silat berukuran persegi 10 x 10 meter yang ditengahnya ada 2 lingkaran: lingkaran dalam (diameter 3 meter) & lingkaran luar (diameter 8 meter).

13. Tarung Derajat

Berasal dari Indonesia, yang dikenal juga sebagai “boxer”, resmi diakui sebagai olahraga nasional. Tarung Derajat juga digunakan sebagai latihan bela diri dasar untuk TNI Angkatan Darat & Brimob Polri.

Lapangan pertandingan Tarung Derajat menggunakan bahan spong eva / matras puzzle berukuran persegi 10 x 10 meter.

14. Merpati Putih

Berasal dari Indonesia, merupakan seni bela diri yang diwariskan turun menurun dari keluarga kerajaan Indonesia.

Keunikan kemampuan anggota2 nya yang telah menempuh latihan2 khusus dapat melakukan pemecahan atau pematahan benda keras seperti batu kali, es batu, bahkan besi baja.

Ukuran lapangan pertandingan pencak silat Merpati Putih sama dengan lapangan pencak silat berukuran persegi 10 x 10 meter & ditengahnya ada 2 lingkaran.

15. Perisai Diri

Berasal dari Indonesia, yang didirikan dari tahun 1955 dan telah berkembang pesat di Indonesia maupun di luar negri.

Ukuran lapangan pertandingan pencak silat Perisai Diri adalah sama dengan lapangan pertandingan silat 10 x 10 meter & ditengahnya ada 2 lingkaran.

16. Setia Hati

Berasal dari Indonesia, seni bela diri ini sangat digemari masyarakat Indonesia. Sudah tersebar di lebih dari 200 kota, dan ada perguruannya sendiri – Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

Ukuran lapangan pertandingan Setia Hati sama dengan pertandingan pencak silat lainnya berukuran persegi 10 x 10 meter dengan menggunakan bahan sponge eva / matras puzzle.

Dari penjelasan tipe-tipe seni bela diri diatas, tipe mana kah yang paling menarik buat kamu? 🙂

Untuk pembelian online, silahkan kunjungi marketplace kami:
http://tokopedia.com/karpetkuofficial

http://shopee.co.id/karpetkuofficial

Untuk catalogue lengkap, silahkan klik link berikut: http://www.karpetku.com/sponge-eva/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *